Selasa, 24 Maret 2020

Tips Memilih Produk MPASI Instant yang Aman untuk Bayi


Produk MPASI atau makanan pendamping Asi biasanya sudah mulai diberikan kepada bayi ketika sudah menginjak usia 6 bulan. Karena memang kebutuhan nutrisi mereka sudah semakin bertambah, maka tidak heran jika seandainya asupan makanan yang diberikan juga lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. maka bunda sudah dianjurkan untuk memberikan makanan pendamping kepada buah hati mereka. Hanya saja pastinya tidak semua jenis makanan bisa diberikan untuk buah hati Anda, apalagi yang masih berusia dini, ketahui mereka juga masih memiliki keterbatasan untuk mengunyah makanan atau dalam mencernanya. Mulai dari jenis dan juga bentuk yang diberikan harus benar-benar diperhatikan secara tepat.

Bahkan sebenarnya bunda yang mungkin agak malas dalam mempersiapkan produk makanan pendamping asi buatan sendiri di rumah juga tidak perlu merasakan khawatir. Mengingat ada banyak sekali diantara produk instan yang dijual di pasaran, dalam berbagai bentuk dan rasa yang enak untuk diberikan kepada buah hati Anda. Hanya saja karena makanan tersebut diberikan kepada si kecil yang masih rentan. Tentunya tidak boleh sembarangan, ada baiknya bagi Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini di dalam membelinya, yaitu:

1. Cek tanggal kadaluarsa produk tersebut, hal pertama yang harus diperhatikan memang untuk kelayakan konsumsi, apalah produk makanan pendamping Asi instan tersebut masih berada pada masa layak konsumsi atau tidak, hendaknya hindari membeli produk yang sudah memasuki masa kadaluarsa, karena kandungan yang ada di dalamnya juga sudah mulai mengalami perubahan dan berbahaya bagi si kecil.

2. Cek kandungan bahan pembuatan atau komposisinya, mengenali komposisi bahan baku pembuatan produk makanan instan tersebut juga sangat penting, minimalisir pemakaian dari bahan pengawet, kemudian juga pewarna hingga MSG tambahan. Mengingat bagaimanapun senyawa kimia tersebut jika seandainya masuk kedalam tubuh bayi, bahkan dalam jumlah yang terlalu banyak juga akan memperburuk kondisi kesehatan mereka. Carilah yang terbuat dari bahan-bahan alami dan pastikan tidak mengandung bahan yang beresiko menyebabkan reaksi alergi pada mereka.

3. Memeriksa kondisi kemasan, pastikan bahwa kemasan produk makanan instan tersebut juga masih rapat dan baik, karena jika seandainya kemasan tersebut rusak maka ada potensi kuman juga masuk kedalam dan mengkontaminasi isi dari bahan makanan tersebut, tentunya akan sangat berbahaya jika seandainya dikonsumsi bukan.

4. Cek tabel nutrisi yang terkandung di dalam produk makanan instan tersebut, mulai diantaranya adalah kalori, kemudian juga protein, lemak, vitamin dan sebagainya. Mengecek tabel nutrisi ini sangatlah penting guna memastikan buah hati Anda tercukupi kebutuhan gizinya, jika memang kurang nantinya dapat ditambah dengan menu makanan penunjang dari luar, misalnya adalah buah-buahan dan juga daging.

5. Pemilihan rasa terbaik, karena memang produk makanan semacam ini juga memiliki beragam rasa, mulai dari rasa buah, coklat, kacang dan sejenisnya, tentunya harus disesuaikan dengan selera buah hati sendiri bukan. Mengingat pada dasarnya berbeda bayi maka akan berbeda juga selera makanan mereka. Ada anak-anak yang tidak suka dengan rasa tertentu, jika diberikan tentunya sangat mubadzir karena mereka tak akan mau mengonsumsinya.

Setidaknya itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli MPASI instan untuk dapatkan produk terbaiknya. Mengingat bagaimanapun untuk orang tua yang sibuk, maka produk makanan instan ini dapat dijadikan sebagai alternatif terbaik, sangat cepat dan juga mudah untuk dibuat.

0 komentar:

Posting Komentar