Rabu, 16 Oktober 2019

Membedakan Bronkitis dan Batuk biasa

Selain pilek, batuk merupakan salah satu gejala dari penyakit yang paling banyak menyerang manusia. Biasnya batuk ini terjadi karena virus yang masuk dan menyerang bagian tenggorokan, Sehingga kemuidan terjadi perdangan dan memunculkan rasa gatal yang menyebabkan batuk. Gejala batuk sendiri memang bukanlah hal yang berbahaya, bahkan batuk bisa sembuh dengan sendirinya. Namun ada juga bahkan tidak sedikit penyakit berbahaya seperti penyakit bronkitis yang juga memiliki gejala serupa yaitu batuk.

Penyakti bronkitis sendiri merupakan penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan, di mana virus menyerang bagian paru-paru. Karena paru-paru merupakan bagian vital, maka efek dari bronkitis ini juga bisa mematikan dibanding dengan penyakit batuk pada umumnya. Penyakit bronkitis ini juga bisa menimbulkan komplikasi pada beberapa jenis penyakit lain seperti penyakit asma sampai pneumonia dan juga radang paru-paru. Dibawah ini ada beberapa informasi yang membedakan penyakit batuk niasa dengan gejala bronkitis.

Batuk Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Normalnya, batuk yang disediakan karena virus biasa kan berlangsung maksimal 2 minggu saja. Gejala batuk juga akan mereda ketika mengkonsumsi obat atau minuman herbal seperu jahe. Tapi jika batuk yang Anda derita tidak kunjung sembuh bahkan setelah mengkonsumsi obat batuk. Kemungkinan besar itu merupakan tanda awal dari penyakit bronkitis. Batuk yang disertai pilek juga mengacu pada influenza. Namun batuk tanpa pilek dengan kondisi tubuh yang makin lemah merupakan gejala bronkitis yang patut Anda waspadai.

Batuk Disertai Darah

Pada batuk biasa, sangat jarang sekali kasus munculnya daeah pada dahk yang dikeluarkan. Kalaupun terjadi luka pada bagaian tenggrokan, biasnaya luka tersebut sangat kecil dan kalaupun ada darah akan langsung tertelan sehingga tidak sampai keluar mulut. Jika anda mengalami batuk berdahak dan kemudian muncul daru mulut, berarti hal ini merupakan gejala awal dari penyakit bronkitis. Sebelum berubah menjadi bronkitis akut. Pastikan untuk segera konslutasi ke dokter.

Mager Atau Malas Gerak, Keinginan Untuk Beraktivitas Hilang

Secara umum, orang yang mengalami bronkitis juga akan mersa lesu dan kekurangan energy. Jadi jika Anda menyadari adanya perubahan pada tubuh menjadi lebih mudah lelah yang disertai dnegan batuk berkepanjangan. Sebaiknya imtuk segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih untuk anak-anak yang biasanya gejala bronkitis ini sangat terlihat karena mereka menjadi enggan bermain dan hanya tiduram seharian.

Pada umumnya, penyakit yang disebabkan oleh virus bronkitis ini bisa dicegah dengan membiasakan pola hidup yang sehat. Mencuci tanhan misalnya, terkesan sepele namun perlu dilakukan agar tidak ada bakteri atau virus yang masku ke dalam tubuh melalui makanan. Selain itu, kebersihan lingkungan di sekitar juga perlu dijaga.

Beberapa cara untuk mengobati atau mengobati bronkitis yang bisa dilakukan di rumah, namun tidak ada yang lebih baik dengan memeriksakan nya ke dokter dan mengikuti pengobatan secara medis. Namun tidak apa apa jika anda ingin mengobatinya dirumah. Dari mulai memperbanyak istrahat, beristieahat dengan cukup mamapu memperkuat kekebalan tubuh. Lalu biasakan banyak minum ait putih sesuai kebutuhan tubu. Anda juga bisa mengkonsumsi nanas karena kaya dnegan kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mengkonssumsi rebusan air jahe juga sangat direkomrndasikan karena jahe mengandung kandungan ekspektoran yang baik untuk mengeluarkan virus. Anda juga bisa menghirup air panas dan juga konsumsi madu dan juga lemon.

0 komentar:

Posting Komentar