Minggu, 28 April 2019

Plesiran di Pulau Dewata, Urus Sendiri atau Jasa Agen?


Bali memang gak ada matinya! Meskipun banyak tempat wisata baru yang bermunculan di Indonesia, pesona Pulau Dewata masih tetap bersinar dan tak terbantahkan. Meskipun cukup banyak yang memilih untuk backpacker-an dan mengurus sendiri itinerary perjalanan, paket liburan ke Bali yang ditawarkan oleh agen perjalanan juga masih laku. Apalagi untuk wisatawan yang kerap pergi berkelompok, rasanya lebih enak duduk manis mengikuti jadwal yang sudah dirancang oleh agen.

Soal cara bepergian memang tergantung selera masing-masing, juga tergantung kondisi dompet. Iya, kadang pilihan untuk backpacker-an juga karena hemat anggaran selain tentunya alasan kepraktisan. Beberapa orang justru lebih suka membawa ransel atau carrier mereka ke sana ke mari karena banyak tempat tujuan yang akan sangat sulit jika harus membawa koper. Selain itu, keinginan untuk lebih bebas bereksplorasi ke tempat-tempat baru juga menjadi alasan mereka memilih liburan dengan mengurus sendiri tiket, akomodasi hingga transportasi yang digunakan.

Masalah kadang muncul bagi para backpacker pemula yang belum mengetahui situasi daerah yang didatangi. Lokasi penginapan yang jauh hingga ditipu tukang ojek atau taksi, tersesat, dan kehabisan uang menjadi hal paling banyak dikeluhkan oleh mereka yang bepergian sendirian. 

Berbeda halnya dengan yang menggunakan jasa agen perjalanan wisata. Semua keperluan dari tiket dan hiburan di tempat tujuan sudah diatur sedemikian rupa. Tinggal duduk manis, nikmati jadwal, dan liburan berjalan tanpa masalah. Kalaupun ada, biasanya hal itu hanya teknisnya saja dan menjadi tanggung jawab agen.

Tapi bukan berarti tanpa keluhan. Untuk beberapa orang, ikut jadwal dari agen yang sudah satu paket justru menyulitkan dan tidak bebas. Hal itu dikarenakan adanya jadwal yang harus diikuti seperti kegiatan kunjungan dan makan yang sudah tertera sejak awal kita menyetujui paket yang diambil. Apalagi, tempat yang dikunjungi biasanya cukup mainstream dan kurang begitu eksplorasi dengan tempat baru. Namun dari segi harga, ikut dengan agen dan berkelompok justru lebih murah. Bahkan, bisa lebih murah beberapa puluh persen daripada bepergian sendiri.

Namun demikian, sebenarnya mau liburan yang diatur sendiri ataupun yang ikut dengan agen perjalanan wisata, tak masalah selama kita benar-benar menyiapkan hal-hal penting seperti dokumen kependudukan, tujuan tempat yang ingin kita kunjungi, dan juga isi dompet yang benar-benar bisa mengakomodir kebutuhan kita di tempat liburan. Jangan sampai liburan belum berakhir tapi kita sudah bingung mencari pinjaman, hehe.

0 komentar:

Posting Komentar