Sabtu, 06 April 2019

Mogok Malam-Malam? Hubungi Bengkel Online


Pernah kan ngerasain motornya mogok di waktu yang tidak tepat? Pulang kantor jam 10 malam dan tiba-tiba ngambek entah kenapa. Bengkel tentu sudah pada tutup, alhasil harus menggeret motor kesayangan sampai rumah. Itu kalau dekat dan jalan masih ramai, gimana kalau kejadiannya masih sangat jauh dari rumah kita?

Kejadian ini gak cuma sekali dialami. Bisa busi yang mati, rantai lepas atau bahkan putus, atau kejadian apa sajalah yang akhirnya mengharuskan kita kebingungan dengan motor yang menanti perlakuan khusus. Kalau mobil sih gampang ya, tinggal hubungi mobil derek atau bengkel resmi yang biasanya melayani 24 jam, beres. Lha kalau kita yang naik motor?

Rupanya peluang itu juga dilirik oleh banyak pengembang aplikasi untuk membuat layanan bengkel online yang memudahkan para pengguna sepeda motor yang sedang kesusahan. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti jasa perbaikan kulkas atau TV yang sering kita panggil di rumah. Hanya saja melalui aplikasi, pengguna tinggal memasukan lokasinya untuk mencari bengkel terdekat atau bahkan bengkel panggilan yang dapat membantu kondisi darurat.

Perkembangan teknologi yang seperti ini tentunya sangat memudahkan bagi masyarakat, khususnya para pengendara roda dua. Tinggal aktifkan GPS di ponsel pintarnya, masalah mogok dan kerusakan lainnya dapat diatasi dengan bantuan dari bengkel online yang kita hubungi.

Peluang bagus ini memang perlu untuk semakin dikembangkan. Apalagi selama ini layanan bengkel panggilan masih didominasi oleh mobil, baik yang resmi dari pabrik atau distributor maupun yang memang membuka jasa serupa. Padahal jika dibandingkan, pengguna sepeda motor justru lebih banyak daripada mobil, yang tentunya memerlukan layanan tersebut untuk membantu mereka mengatasi kondisi tak terduga di waktu yang tidak tepat.

Berdasarkan penelusuran, di Playstore untuk ponsel pintar berbasis Android, ada beberapa pengembang aplikasi yang menyediakan layanan bengkel online. Ratingnya pun beragam, sehingga kita sebagai pengguna dapat memilih sebelum menginstall dengan melihat komentar dari pengguna lain yang sudah memanfaatkan jasanya. Kurang lebih ada sekitar 20-an aplikasi yang sudah terdaftar yang semuanya dikembangkan oleh pengembang lokal. 

Meski sudah cukup bagus dan membantu banyak pengguna sepeda motor yang kesusahan, namun perlu banyak pembenahan untuk benar-benar memaksimalkan pelayanannya. Apalagi saat ini bengkel online berbasis aplikasi masih terbatas di kota-kota besar saja karena berbagai kendala. Posisi Indonesia yang terpisahkan menjadi pulau-pulau besar cukup jadi alasan belum masuknya layanan ini di sejumlah kota. Padahal sebagai pengguna sepeda motor, penulis pikir ini sangat keren loh, karena kita bisa sangat terbantu dengan bengkel online yang berisikan informasi bengkel terdekat yang menerima panggilan untuk kondisi darurat seperti yang diceritakan di atas. Semoga nantinya aplikasi-aplikasinya semakin berkembang ya.

0 komentar:

Posting Komentar