Kamis, 04 April 2019

Cara Mendidik Anak tentang Bisnis dari Kecil ala Berfaedah.com


Mengenalkan dunia bisnis pada anak sedari kecil adalah salah satu bekal yang baik untuk masa depannya nanti. Mungkin saja ke depannya, anak Anda akan mengikuti jejak Anda sebagai seorang pebisnis, kan? Nah, dari Berfaedah.com, Anda bisa ikuti cara mendidik anak sejak kecil mengenai bisnis. Bagaimana caranya? Untuk jelasnya, cek di sini!

1. Ajarkan Anak Memahami Nilai Uang
Dari kecil, bisakan anak untuk tahu uang yang akan digunakan untuk membeli suatu barang. Selain itu, ajarkan juga mereka untuk paham mengenai nilai uang tersebut dari yang paling kecil hingga yang terbesar. Jelaskan pada mereka tentang uang tersebut agar mereka tahu nilainya dan tahu berapa yang harus dikembalikan bila berbelanja sekian rupiah.

2. Bermain Jual Beli di Pasar
Anak seusia TK hingga SD biasanya akan memainkan banyak hal. Salah satu yang mereka mainkan adalah permainan jual beli. Nah, Anda bisa ajarkan si kecil bagaimana peran penjual dan pembeli di pasar melalui permainan. Ajarkan juga pada mereka bagaimana caranya menawar dan merayu pembeli dan menghitung uang.

Meski nampak konyol, ketahuilah sebenarnya hal ini sangat bermanfaat untuk buah hati Anda. Si kecil akan lebih mudah memahami dunia usaha dengan pembelajaran mengenai jual beli ini.

3. Berikan Anak Uang Saku Setelah Membantu Anda
Meski Anda memberi jatah jajan pada anak, baiknya Anda tidak selalu memberikan uang pada mereka secara cuma-cuma. Sesekali, mintalah mereka membantu Anda lebih dulu agar bisa mendapatkan uang saku tambahan. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mendidik anak agar mereka tahu bahwa apa yang mereka butuhkan itu butuh usaha.

Anda bisa memberikan mereka tugas yang simpel saja. Contohnya, cobalah minta mereka untuk membelikan barang kecil di warung. Kemudian, sisa kembaliannya bisa Anda berikan padanya.

4. Ajarkan Anak Mencatat Uang Masuk dan Uang Keluar
Dari Berfaedah.com, cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengajarkan anak tentang bisnis adalah dengan mengajarkan mereka untuk mencatat uang masuk dan uang keluar. Anda bisa meminta mereka mencatat setiap uang jajan yang diberikan dan juga setiap uang yang dikeluarkan termasuk untuk membeli barang keperluan mereka.

Setelah itu, mintalah mereka memberikan laporan pada Anda secara rutin dengan memperlihatkan catatan tersebut. Dengan pendidikan melalui pembukuan ini, si kecil bisa terlatih mengatur keuangan mereka. Selain itu, Anda juga bisa mengawasi untuk apa saja uang mereka dikeluarkan.

5. Ajarkan Anak Menabung
Anak-anak memang cenderung menghabiskan semua uang yang dimilikinya untuk berbagai hal. Mulai sekarang, Anda bisa mengajari mereka menabung dengan membelikannya celengan. Hal ini berguna untuk mengajarkan mereka agar bisa menggunakan uang untuk kepentingan yang lebih penting dari sekedar memenuhi kesenangan.

6. Ajarkan Anak Membuat Target
Menjadi pengusaha memang harus memiliki target atau bisi. Nah, cobalah ajarkan anak Anda untuk membuat targetnya sejak kecil untuk perencanaan hidupnya. Mulai dari hal yang sederhana saja seperti berapa target tabungan yang akan dicelengkan dalam satu minggu dan lainnya. Kemudian, ajarkan mereka menabung lebih banyak agar target terlampaui.

Nah, tak terlalu susah, kan? Paling penting, Anda harus konsisten dalam mengajarkan semua hal itu pada buah hati Anda. Selain itu, bila Anda memang sudah memiliki bisnis sebelumnya, cobalah libatkan mereka di dalamnya agar mereka lebih paham. Bila Anda butuh info lain soal anak, yuk, cek berfaedah.com saja. Ada banyak info yang bisa didapat!

0 komentar:

Posting Komentar