Senin, 05 November 2018

Ingin Bayar PBB? Berikut Cara Mudahnya Bayar Via Online


PBB merupakan suatu pajak negara yang dikenakan untuk bumi atau bangunan yang hal ini tertuang pada undang-undang nomor 12 tahun 1985 mengenai pajak bumi serta bangunan yang pada akhirnya diubah menjadi undang-undang nomor 12 tahun 1994. Dalam undang-undang tersebut tertuang bahwa PBB merupakan kewajiban bagi para pemilik bangunan yang mana  dimana pajak PBB disebut sebagai wajib pajak atau subjek pajak yang dikenakan kewajiban dalam membayar PBB. Dan untuk pembayarannya sendiri dilakukan setahun sekali dan perlu dilunasi selambatnya 6 bulan semenjak tanggal diterimanya SPPT oleh para penerima pajak. untuk dasar kena pajak dalam PBB yaitu nilai jual objek pajak atau disebut dengan NJOP.  Dan ketentuan dari nilai tersebut didasarkan dari harga pasar untuk perwilayah.
NJKP sendiri ditetapkan pada nilai sebesar 20% dari NJOP atau 40% dari NJOP. Cara untuk mengetahui dinamika dari pasar properti Indonesia sendiri termasuk juga sentimen pasar dari pandangan para pembeli maka anda bisa menyimaknya sendiri dari rumah.com yang tentunya hal ini bisa memberikan suatu pemahaman bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara bayar PBB online yang tentunya memudahkan anda untuk melakukan pembayaran PBB dengan mudah dan praktis.
Teruntuk Anda berhati-hati pada denda dikarenakan besaran PBB yang terutang dalam pajak 1 tahun akan di infokan pada surat pemberitahuan pajak terutang atau disebut dengan SPPT.  Dan untuk PBB sendiri yang dimaksud dalam pasal 2 bisa diterbitkan dengan adanya ketentuan sebagai berikut :
Untuk STP PBB yang dimaksud di Huruf angka 1 memuat PBB yang terutang kekurangan bayar yang nanti ditambah dengan adanya denda administrasi dengan besaran 2% untuk setiap bulannya dan dihitung dari ketika sudah jatuh tempo SPT hingga diterbitkannya STP PBB.  Dan STP PBB sendiri yang dimaksud di huruf angka 2 memuat adanya denda administrasi yang dibebankan bagi para wajib pajak sebesar 2% per bulannya dari PBB yang terutang atau kekurangan bayar. Dan hal itu terhitung dari adanya ketika jatuh tempo SPPT hingga pelunasan pembayaran untuk pokok PBB yang terutang.
Ketika jatuh tempo STP PBB pada huruf b hingga tanggal pelunasan pembayaran untuk PBB yang terutang maka jangka waktunya yaitu paling lama selama 24 bulan..
Dalam meningkatkan suatu pelayanan wajib pajak maka saat ini Anda bisa dimudahkan dengan adanya bayar PBB online yang bisa dilakukan melalui pembayaran elektronik yang telah disediakan oleh bank seperti ATM, teller, fasilitas lain yang tentunya sangat mendukung untuk Anda melakukan pembayaran PBB via online. Ada begitu banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan Anda lakukan bayar PBB online di mana keuntungan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :
  • Melayani pembayaran untuk PBB di seluruh Indonesia
  • Tidak terikat di hari kerja ataupun jam operasional bank dalam melakukan pembayaran PBB
  • Melayani pembayaran PBB atas objek pajak di seluruh Indonesia;
  • Tidak terikat pada hari kerja dan jam operasional bank untuk pembayaran PBB;
  • Dalam melakukan pembayaran PBB via online juga bisa menghindari adanya antrian pada bank ketika melakukan pembayaran.

Sedangkan untuk bank yang menyediakan fasilitas elektronik yaitu seperti berikut :
  • ATM serta counter teller bank DKI atas objek pajak yang berada di sekitaran Provinsi DKI Jakarta.
  •  ATM serta counter teller bank Jawa Timur untuk objek pajak yang ada di wilayah Jawa Timur
  •  ATM serta counter teller bank Bumiputera  atas objek pajak yang ada di seluruh Indonesia
  •  ATM serta counter teller bank Bukopin yang ada di seluruh Indonesia
  •  internet banking ATM serta teller BNI di Indonesia
  •  internet banking serta ATM BCA yang ada di seluruh Indonesia

Untuk melakukan tahapan pembayaran PBB online melalui ATM yaitu seperti berikut :
  •  Carilah menu pembayaran dan kemudian pilih
  •  Carilah menu pajak dan pilih
  •  Kemudian masukkan lah nomor objek pajak
  •  Masukan untuk tahun pembayaran PBB Anda
  •  Lalu nantinya akan muncul informasi mengenai objek pajak tagihan serta namanya
  • Silakan Anda memeriksanya dengan teliti identitas serta jumlah pokok pajak yang harus Anda bayarkan
  • Apabila sesuai maka silakan untuk menekan tombol layar

Perlu untuk Anda ketahui apabila Anda ingin bayar PBB online maka satu hal yang harus Anda ingat yaitu jangan pernah Anda membuang bukti pembayaran tersebut karena ini dijadikan sebagai bukti untuk Anda melakukan pembayaran PBB melalui ATM secara sah. Apabila Anda ingin membeli rumah maka ada baiknya untuk Anda memilih tempat yang terpercaya untuk Anda melakukan transaksi pembelian rumah secara online. Pastinya dengan adanya pembayaran PBB via online ini bisa memudahkan Anda untuk membayar kewajiban pajak Anda untuk bumi dan bangunan yang tentunya tanpa ribet dan bisa dilakukan prosesnya secara mudah dan cepat.

0 komentar:

Posting Komentar