Selasa, 01 Mei 2018

5 Kesalahan yang biasa kita lakukan sebelum beli smartphone


Saat ini smartphone sudah menjadi sebuah bahan pokok. Bahkan seluruh aktivitas kita pun bisa dilakukan via smartphone. Misalnya saja membeli barang, transfer uang, hingga memesan makanan.

Namun, sebagian orang ternyata masih galau saat hendak membeli smartphone. Akibatnya, mereka seringkali salah pilih smartphone.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk memahami 5 hal ini agar Anda tidak tertipu sebelum membeli smartphone baru.

1. Percaya dengan Iklan di TV
Pada setiap iklannya, smartphone selalu tampil dengan pencahayaan yang sempurna. Lalu kita pun tergoda dan membeli smartphone tersebut. Padahal, sebuah iklan hanya menampilkan fungsi terbaik dari smartphone tersebut.

Kita tidak tahu fungsi lainnya, seperti performa, atau bagaimana jika perangkat tersebut dipegang oleh laki-laki dengan tangan berminyak, pasti kesannya akan jauh berbeda dari di iklan bukan?

Untuk menghindarinya, cobalah untuk mencari info lebih lanjut di Internet. Atau bisa juga melihat reviewnya dari YouTube.

2. Tergoda Dengan Rayuan Maut Sales Toko
Bagi seorang penjual atau sales, target merupakan segalanya, siapa ang tidak senang produknya terjual sesuai target?

Namun, untuk mewujudkan impian tersebut, para penjual harus bekerja keras untuk meyakinkan para konsumennya dengan cara merayu. Kita semua tahu akan hal itu, tapi bagaimana cara menghindari rayuan tersebut?

Jika kamu ingin membeli sebuah smartphone, cobalah untuk mengajak seorang teman yang sudah mengerti tentang gadget. Jika tidak ada, cobalah untuk mencari referensi terlebih dahulu sebelum pergi ke toko. Dengan cara tersebut kamu tidak akan mudah ditipu oleh rayuan para sales.

3. Langsung Beli Smartphone Tanpa Komparasi di Toko Lain
Sebagian orang ketika ia melihat smartphone, entah itu di pusat perbelanjaan atau di lapak tradisional. Yang menjadi kesalahan adalah ketika seseorang cenderung langsung tertarik dan membelinya di tempat.

Seperti halnya membeli produk-produk lain, ingatlah untuk melakukan riset harga dulu sebelum membeli smartphone. Jangan puas dengan mengunjungi satu toko, kunjungilah beberapa toko dan bandingkan harga antara toko-toko tersebut. Dengan cara ini kamu dapat menghemat uang yang kamu miliki.

Tips ini juga berlaku saat kamu ingin membeli smartphone di toko online. Buatlah riset kecil-kecilan dengan membuka situs toko online lain yang bisa saja menawarkan harga berbeda.

4. Terbuai Brand Terkenal
Kebanyakan orang tidak berpikir panjang ketika ingin membeli smartphone, mereka menganggap bahwa brand terkenal pasti yang terbaik. Tetapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Jangan terlalu terpukau dengan brand dari Amerika Serikat (AS), karena smartphone dari Taiwan dan Tiongkok pun tidak kalah bagus.

Tidak perlu repot-repot merogoh kocek dalam untuk mendapatkan smartphone dari AS, toh banyak smartphone yang lebih murah dengan fitur yang tidak kalah menunjang.

5. Pahami Kebutuhan
Inilah tips paling final dan harus kamu lakukan. Mungkin kamu bisa mengabaikan semua tips di atas, namun jika kamu mengerti kebutuhanmu, lalu membeli smartphone sesuai kebutuhan, maka semua masalah tersebut dapat diminimalisasir.

Tidak ada gunanya jika kamu suka foto-foto, tetapi membeli smartphone dengan kamera jelek. Kamu suka berpergian tapi tanpa sadar membeli smartphone dengan baterai kecil. Kamu suka nge-game, tapi layar smartphone kecil dan performanya lambat. Tentu semua hal itu akan membuat kamu stres dan menyesal telah membeli smartphone yang sudah kamu pilih.

Jadi, sebelum kamu membeli smartphone baru, cari tahulah apa yang benar-benar kamu butuhkan? Apakah kamu suka foto, suka jalan-jalan atau suka main game. Pilihlah smartphone sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk perhatikan hal-hal vital yang sering tidak dipahami orang luas, mulai dari daya baterai, luar layar, dan RAM.

0 komentar:

Posting Komentar